Kamis, 26 Januari 2012

BUDIDAYA SAYURAN SKALA RUMAH TANGGA

Wira Usaha Budidaya Sayuran Skala Rumah Tangga


Budidaya tanaman tidak harus menggunakan lahan yang luas, tinggal bagaimana usaha yang kita rencana­kan bisa mendapatkan hasil, meski tanpa lahan. Hal ini bisa kita lakukan melalui tanam dengan menggunakan Pot, polyback maupun Vertikultur. Cara budidaya ini tidak memerlukan teknologi yang rumit, tapi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana.
Skala usaha memang dapat beragam dari usaha besar, sedang atau kecil-kecilan (skala rumah tangga).
Hal ini terungkap dalam acara Wedangan Patimura 2, Minggu (7/9) yang mengambil tema ”Wira usaha Budidaya Sayuran Skala rumah Tangga”. Sebagai narasumber Bp. Ir. A. Haryoto WA, MM bersama Tim dari Dinas Pertanian & Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen. Selain itu juga menghadirkan Bp. LA. Djumadi pembudidaya tanaman & buah-buahan dari lingkungan Tenggak.

Budidaya tanaman tak harus menggunakan lahan luas, bahkan tanaman organik itu bisa dihasilkan tanpa lahan, sebab tehnologi sekarang semakin canggih, yakni tanaman bisa ditanam dan menghasilkan yang melimpah, seperti model hydroponik, polibek dan tanaman dalam pot (tabulampot). Hal ini bisa dilakukan siapa saja termasuk mereka yang hidup di perumahan-perumahan dan tak punya lahan untuk menanam tanaman organikl.

Pada kesempatan tersebut disampai­kan tehnik budidaya sayuran organik tanpa lahan melalui sistim verticultur, pot/ polyback,, sistim hydroponik dan juga tahap-tahap pelaksanaan sistim hydrophonik arang sekam.

Mengapa organik? Disadari atau tidak selama ini masyarakat disuguhi makanan yang serba mengandung pestisida, yang tentunya kurang baik bagi kehidupan manusia. Makanan dari tumbuhan apapun kini bersentuhan dengan obat. Disamping kurang baik bagi kesehatan, juga merusak ekosistem.

Ke depan kita semua diajak untuk membangun semangat berpikir cerdas dan bertindak pintar. Di samping itu sekaligus menanggapi anjuran pemerintah kabupaten Sragen dimana penggunaan pupuk organik tetap ramah lingkungan dan sebab menyebabkan tanah menjadi gembur dan subur.

Tanaman organik Sragen terkenal di mana-mana karena beritanya bisa diakses melalui internet. Tak mengherankan  warga negara Malaysia berkunjung ke Sragen untuk study banding di tempat percobaan pemanfaatan tanah kering dan tandus di Dukuh Dayu untuk pengembangan tanaman jenis organik. Menurut pak Haryoto disamping tanaman organik untuk keperluan rumah tangga, bisa juga digunakan sebagai komoditi. Kalau sudah mengarah ke komoditas, harus mengerti pasca panen, mau dijual kemana tanaman tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar